Tutorial PHP, MySQL, Javascript, SEO dan lainnya

Tutorial SEO – Tidak mudah bagi website (domain) baru untuk memulai bersaing dalam SERP atau PageRank. Domain baru di dunia mesin pencari, si penghalangnya menuju puncak dalam mesin pencari google disebut Google SandBox. Situs Anda berada di sana sampai mendapat cukup "dewasa" untuk diizinkan ke Posisi atas.

Meskipun tidak ada konfirmasi langsung dari keberadaan SandBox, Google sepertinya meng-amin-i dan beberapa pemerhati SEO telah melihat dalam prakteknya bahwa situs-situs baru, tidak peduli seberapa baik dioptimalkan, tidak akan langsung masuk peringkat tinggi di Google, walaupun di MSN dan Yahoo lebih cepat. Untuk Google, menyimpan di SandBox untuk situs baru dengan domain baru rata-rata 6 bulan, meskipun dapat bervariasi ada yang kurang dari satu bulan tapi bahkan ada yang lebih dari 8 bulan.

 

Tutorial SEO | Google SandboxBanyak anggapan, sepertinya tidak adil untuk menghentikan situs-situs baru dengan cara dibuat berada di bagian bawah hasil pencarian. Tapi mungkin ada cukup alasan mengapa mesin pencari, terutama Google, menggunakan tindakan tersebut. Dengan praktek seperti blackhat, membeli link masal, duplikasi konten, copy paste atau halaman yang hanya berisi kata kunci untuk bisa berada di puncak yang diinginkan. Tidak mengherankan bahwa Google memilih untuk "menghukum" situs baru, yang dalam satu malam mendapatkan puluhan backlink, atau yang digunakan sebagai sumber backlink untuk mendukung situs yang lebih tua (mungkin dimiliki oleh pemilik yang sama).

Tak heran, ketika situs palsu tersebut diindeks dan berada di posisi teratas, yang sepertinya tidak baik bagi hasil pencarian, sehingga Google harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa praktik tersebut tidak akan ditolerir. Efek sandbox bekerja sebagai masa uji coba untuk situs baru hingga mencapai batas tolesaransi yang dianggap oleh cukup oleh Google.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan, saat situs anda berada di sandbox, sebagai contoh:

  • Terus untuk menulis hal-hal yang sesuai dengan apa yang menjadi konten utama website anda. Tulisan asli sangat direkomendasikan.
  • Letakkan situs anda pada penyedia hosting berbayar yang stabil dan bagus, karena hosting yang gratisan agak kurang disukai oleh SEO.
  • Cobalah gunakan Keyword/Kata kunci lain yang agak kurang populer. Website yang masuk SandBox bukan berarti tidak terindex oleh search engine. Jadi anda bisa menggunakan keyword yang berbeda untuk menempatkan web anda ke halaman pertama, khususnya dengan keyword-keyword yang mendekati keinginan anda, walaupun bukan keyword yang populer.
  • Daftarkan juga website anda ke mesin pencari lainnya. Karena efek Sandbox bisa berbeda antara mesin pencari yang satu dengan lainnya. Hal ini juga bisa meminimalisasi kesalahan dan kerusakan dari efek SandBox.
  • Secara aktif mengumpulkan konten dan link yang baik. Konten yang relevan dan segar dan link yang baik akan membuat situs anda berada di papan atas, ketika mendapatkan link, khususnya dari sumber terpercaya – seperti DMOZ, CNN, Fortune 500 situs, atau tempat-tempat terkemuka lainnya. Juga, link dari edu,.. Gov, dan lain-lain.
  • Gunakan selalu google Webmaster Tools dari Google. Daftarkan situs anda dengan www dan tanpa www.
  • Periksa situs anda sudah terindex atau belum oleh mesin pencari, dengan mengetikan "site:namadomainanda.com", dan juga "info:namadomainanda.com", tanpa tanda petik. Jika muncul, berarti sudah terindex oleh mesin pencari.

Jangan beranggapan bahwa blog saya ini tidak pernah kena colekan Google Sandbox. Pernah.. terjun bebas entah ada dihalaman keberapa dalam search engine.

Yang penting adalah bersabar dan tetap fokus pada apa yang ingin anda tampilkan dalam website anda. Jangan menjadi patah semangat hanya karena bak pasir (sandBox) ini. Kegagalan toh membuat kita jadi lebih semangat dan berhati-hati, betul kawan?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image