Tutorial PHP, MySQL, Javascript, SEO dan lainnya

Aplikasi keuangan Sekolah Webbase ini menggunakan server yang bisa menjalankan PHP dan MySQL. Nah untungnya, aplikasi ini menyertakan server yang otomatis berjalan tanpa harus di install atau setting yang mungkin bagi sebagian orang masih kurang menguasai. Aplikasi ini juga bisa dijalankan dari USB sehingga dapat dibawa-bawa ke manapun tanpa harus memindahkan data.

Menjalankan Program Server

Software aplikasi keuangan sekolah ini hanya bisa berjalan di OS windows. Setelah menjalankan program EXE, Program server akan terus berjalan selama masih menyalakan computer, tidak di exit atau belum restart. Jika pernah menjalankan file EXE nya, dan browser sudah pernah ditutup, tidak perlu lagi menjalankan file exe karena bisa langsung buka browser, kemudian ketik http://localhost:1971/.

Menggunakan Aplikasi

Isi form pada halaman login, dengan username dan password yang anda miliki. Masukkan juga kode unik yang muncul pada isian code. Setelah proses otorisasi username dan password, aplikasi akan membuka halaman awal yang menyediakan link-link yang diperlukan.

Mempersiapkan Chart Of Account (COA)

COA merupakan kode-kode akun yang dipergunakan untuk memudahkan dalam pengelompokkan jenis pengeluaran dan pemasukkan.

Dalam aplikasi keuangan sekolah ini sudah disertakan COA yang bisa langsung digunakan. Tinggal kita edit, hapus atau tambah kode akun sesuai kebutuhan. Tersedia tombol hapus dan edit untuk tiap kode akun yang tersedia.

Dalam kode akun ini terdapat perbedaan warna yang menandai apakah kode akun tersebut merupakan kode yang memiliki turunan atau sub kode atau tidak. Perhatikan di “keterangan”, terdapat beberapa keterangan, HEADER, header indent 2, header indent 3, debit/kredit dsb.

HEADER digunakan jika kita memutuskan bahwa suatu kode akun merupakan awal dari sebuah sub kode yang memiliki turunan sub-sub lainnya.

Header indent 2 digunakan untuk sub kode tingkat 2. Begitu seterusnya.

Debit/kredit, digunakan jika kode akun dimaksud digunakan untuk proses transaksi yang dapat diisi kredit atau debit.

MENAMBAH AKUN

Perhatikan proses pengisian angka dan titik di kode akun pada gambar.  Jadi jika kita ingin menambahkan akun baru, dan akun tersebut berada di bawah APBD I, maka kode akun yang dimasukkan adalah: 1.01.02.02. Maka akun baru tadi akan masuk di bawah “Bantuan operasional sekolah” dan diatas “bantuan lain”. “bantuan lain” ini sepertinya sengaja dialokasikan di angka 10, sehingga bisa menambah diatasnya hingga 09. Jika ternyata bantuan memiliki sub akun yang lebih dari 10, masih bisa diedit akun “bantuan lain” ke angka yg lebih besar, misalnya dari angka 09 menjadi angka 100.

Angka 1 di awal adalah tanda akun baru berada di bawah 1 (penerimaan).

Angka 01 berikutnya adalah tanda akun baru berada di bawah 1.01 (Pemerintah).

Angka 02 berikutnya adalah tanda akun baru berada di bawah 1.01.02 (APBD I).

Angka 02 berikutnya adalah penomoran akun baru.

BUKU KAS UMUM

Buku kas umum adalah tempat menambah terjadinya transaksi keuangan baik pemasukkan maupun pengeluaran. Tekan tombol “tambah buku kas  umum” di kiri bawah atau kanan atas.

Pada form isian Tanggal, masukkan tanggal terjadinya transaksi. Klik link “pilih tanggal” dan silahkan pilih tanggal transaksi.

Pada isian kode, klik icon kaca pembesar, akan keluar jendela daftar COA yang pernah kita buat. Kode akun memiliki keterangan debit/kredit (bukan header), yang hanya bisa dimasukkan ke dalam kode dalam form isian. Ini karena memang kode akun tersebut saja yang akan bisa diisi data. Klik area angka coa atau yang berlatar belakang warna abu-abu.

Klik pada kode akun yang kita inginkan. Jendela COA akan tertutup sendiri dan kode akun akan otomatis masuk dalam isian kode. Nama akun akan muncul sendiri sesuai dengan kode akun yang anda klik.

Pada isian transaksi, isi dengan keterangan transaksi yang dilakukan.
Isian Bukti merupakan isian otomatis, tidak perlu menambahkan.
Debit/kredit, sesuai dengan proses dana. Jika dalam akun dipilih adalah menambah, masukkan nilai didebit, jika dalam akun terpilih untuk mengurangi, masukkan di kredit.

Sebagai catatan, jika kita memasukkan data dengan tanggal yang berbeda dengan pilihan pada tampilan BKU, data tidak akan muncul karena berbeda tanggal. Untuk menampilkannya, kita pilih tanggal tampilan dalam BKU sesuai tanggal yang kita inginkan. Klik tambah transaksi, jendela akan otomatis tertutup dan data akan dimunculkan pada lembar BKU. Untuk COA hanya muncul angka saja, jika ingin tahu COA dari angka tersebut, arahkan mouse ke angka pada kolom kode tersebut.

Setelah proses pengisian data selesai, kita bisa mencetak transaksi per hari berjalan dengan menekan tombol cetak di kanan atas. Sebelum mencetak, browser harus sudah terintegrasi dengan PDF Reader, karena hasil pencetakan berformat PDF. Jika belum, hasil pencetakan akan melalui proses penyimpanan file berformat PDF.

Aplikasi keuangan sekolah ini juga sudah dijadikan satu sebagai aplikasi SIMPLUS, Sistem Informasi Manajemen Pusat Layanan Unit Sekolah.

Sumber: Aplikasi Store || Template wordpress, blogspot, opencart, website

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image