Tutorial PHP, MySQL, Javascript dan lainnya

Optimisasi dengan White Hat SEO

White Hat SEO adalah sebutan bagi para webmaster yang menggunakan teknik SEO secara wajar dan lazim. Banyak cara digunakan untuk memenuhi TOS (Term of Service) dari search engine. Setiap tulisan-tulisan akan terindex di mesin search engine.

White Hat SEO merupakan rangkaian teknik optimisasi yang fokus kepada pengoptimalisasian keyword melalui meta tag, seperti:

  • Optimisasi Title TAG, Meta Description TAG, Meta Keyword TAG, Img Alt TAG, dan Body TAG
  • Membuat artikel yang punya ciri khas
  • Melakukan linkback ke dalam website sendiri
  • Melakukan linkback ke situs-situs yang terpercaya dan lain sebagainya

Karena sifatnya yang natural, hasil White HAT SEO dalam optimalisasi membutuhkan waktu. Karena semua berproses dengan wajar mengikuti ketentuan dari search engine, tidak ada paksaan atau manipulasi. Karenanya, dibutuhkan kesabaran jika ingin sukses dalam mengoptimalisasi website.

Black Hat SEO

whitehat SEO vs blackhat SEOBlack Hat SEO merupakan teknik yang dilakukan untuk mengakali search engine agar sebuah website dapat menempati urutan terbaik dalam hasil pencarian. Salah satu tehniknya adalah dengan memanimuplasi sebuah halaman dengan membuat Page Cloaking, yaitu teknik memanipulasi halaman agar terlihat berbeda di mata search engine sehingga dapat ditempatkan pada urutan atas dalam hasil pencarian. Halaman ini biasanya hanya diperuntukkan bagi search engine, tidak untuk konsumsi pengunjung.

Sebagai contoh, membuat keyword dihalaman body sebuah website. Dan agar tidak terlihat oleh pengunjung, keyword tersebut disamarkan dengan membuat warna yang serupa dengan warna latar website, atau dengan mengecilkan huruf sehingga tidak terbaca mata pengunjung.

Kemudian, memasukkan juga keyword pada bagian img alt TAG dan membuat link ke sebuah halaman yang dikhususkan untuk search engin, yang juga diisi dengan banyak keyword.

Berbeda dengan White Hat SEO, cara Black Hat SEO merupakan cara yang tidak etis untuk menaikkan posisi website di search engine. Cara ini mengundang resiko besar. Bilamana search engine mengetahui bahwa penerapan ini dilakukan, maka website tersebut akan di blacklist dan dihapus sehingga tidak terdaftar di mesin pencari.

Faktor sebagai penyebab seorang webmaster melakukan teknik Black Hat SEO diantaranya:

  • Bosan dengan kesabaran menggunakan teknik White Hat SEO yang mungkin terlalu lama.
  • Berusaha mencari kelemahan search engine.
  • Mencari untung dengan bermain program Pay Per Click
  • Sekedar belajar

Walaupun terdapat juga website yang tidak dihapus dari search engine, tapi bila ketahuan, peringkatnya yang akan menurun.

Untuk cara dan teknis masing-masing tersebut, kita bahas dalam artikel lainnya. Hanya saja, sangat disarankan untuk menggunakan White Hat SEO, karena kesabaran tentu saja akan menghasilkan sesuatu yang menguntungkan. Benar kan?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image