Tutorial PHP, MySQL, Javascript dan lainnya

Tutorial SEO – Jika anda ingin membuat website untuk perusahaan atau organisasi, tapi anda tidak bisa membuat sendiri, yang anda perlukan adalah webdesigner. Webdesigner adalah orang (atau team) yang dengan bantuan keahlian mereka, anda bisa menuangkan apa yang anda ingin tampilkan dalam website. Banyak penyedia jasa desain web yang ada di Indonesia, dengan hasil dan fasilitas yang tidak kalah dari webdesigner luar negeri.Anda bisa mencari nya di google atau iklan-iklan yang banyak di dunia maya.

Yang perlu anda perhatikan adalah apakah jasa desain tersebut termasuk dalam jasa SEO atau tidak. Karena webdesigner belum tentu juga memberikan jasa SEO untuk membuat website anda berada di tingkat 1 mesin Search Engine.

Jika Anda akan melakukan SEO sendiri, mungkin anda tidak peduli tentang keterampilan SEO web design, hanya saja anda juga perlu memperhatikan antara desain dan SEO sangat berhubungan, karena kesalahan desain dapat mempengaruhi peringkat web Anda. Ketika sang designer web membuat situs yang bertentangan dengan aturan SEO, maka sangat berat bagi anda untuk memperbaiki hal tersebut dengan trik SEO.

Ketika kita berbicara bahwa Anda perlu untuk menyewa desainer yang juga SEO-friendly, kita anggap bahwa Anda seorang yang mengerti, walaupun sedikit, tentang SEO. Tetapi jika tidak, maka anda harus banyak mempelajari Tutorial SEO dan Checklist SEO.

Berikut adalah beberapa kesalahan webdesain yang sering membuat situs Anda terbentur SEO. Jika Anda melihat salah satu atau semua hal berikut ini dalam situs anda, Anda sudah harus mulai memikirkan untuk meminta sang designer untuk mulai mengubah desain nya, atau mungkin, secara ekstrim, mulai memikirkan untuk menggunakan webdesigner lain.

Beberapa elemen desain bisa menjadi kesalahan besar dalam SEO web design, dan ada desainer yang akan menggunakan teknik di bawah ini (yang bisa membenturkan anda dengan SEO), yang layak Anda perhatikan:

Sangat bergantung pada Flash

Banyak desainer yang sangat senang untuk membuat animasi dengan FLASH dan sering menyatakan bahwa Flash adalah hal yang paling baik, karena Flash bisa sangat artistik dan membuat situs terlihat keren (walaupun, FLASH membuat lama dibuka di browser). Hanya saja, selain berat dalam mengakses web, ini juga bisa menjadi bencana dalam hal SEO. Situs dengan HTML yang standar saja, bisa mendapatkan peringkat lebih baik pada mesin pencari. Jadi ketika anda juga menyukai FLASH, anda harus bisa "memaksa" sang webdesigner untuk Mengoptimalkan Situs Flash tersebut, agar versi HTML dari halaman yang sama wajib disertakan.

Tidak ada internal link, atau link sangat sedikit

Internal link adalah link balik (backlink) dan itu sangat penting dalam SEO. Tentu saja, ini tidak berarti bahwa semua teks pada halaman harus dibuat dengan hyperlink dan mengarah ke semua halaman lain dalam situs tersebut, tetapi jika hanya ada beberapa link internal pada situs, ini sama saja anda melewatkan kesempatan untuk mendapatkan backlink, yang tentu saja sangat disukai oleh Search Engine.

Banyak Gambar tapi tanpa Anchor

Ini adalah kesalahan yang sering dibuat banyak desainer. Anchor text sangat penting dalam SEO dan ketika link pada website Anda tidak memiliki anchor teks, ini buruk buat SEO. Memang benar bahwa untuk item menu dan elemen halaman lainnya, jauh lebih mudah untuk menggunakan gambar daripada teks, yang kemungkinan teks akan muncul tidak benar pada layar pengguna. Tapi karena ini mempengaruhi peringkat situs anda dalam cara yang negatif, Anda harus mengorbankan keindahan untuk fungsionalitas.

Kode yang Tidak Teratur

Jika Anda tidak tahu tentang kode-kode HTML atau bahasa SCRIPT, maka bisa saja Anda tidak mungkin bisa menilai bahwa kode dalam situs anda berantakan atau tidak. Jumlah dan keteraturan kode adalah kriteria penting untuk SEO. Ketika kode ini berantakan, mungkin spider search engine sama sekali tidak mau menyapa dan tidak akan mengindex website anda tersebut.

Banyak Bahasa Java/JavaScript

Seperti juga Flash, search engine tidak terlalu suka dengan JavaScript, terutama jika banyak. Sebenarnya, yang terburuk dengan JavaScript adalah bahwa jika tidak dikodekan dengan benar, sangat mungkin bahwa karena penggunaan JavaScript website anda tidak dapat dibaca spider search engine, yang secara otomatis berarti bahwa website anda tidak akan diindeks.

Terlalu Dioptimalkan

Website yang terlalu dioptimalkan bukan berarti lebih baik daripada yang kurang dioptimalkan. Bahkan, website tersebut bisa jauh lebih buruk karena ketika Anda menggunakan terlalu banyak kata kunci atau tehnik lainnya (bahkan walaupun tidak melakukan Black Hat SEO) untuk mengangkat peringkat situs, ini bisa membuat website Anda di banned dan dilempar ke lumpur terdalam oleh mesin pencari dan ini adalah hal terburuk yang dapat terjadi pada situs.

URL Dinamis dan tidak SEO Friendly

Mungkin URL dinamis tidak terlalu bermasalah bagi webdesain tetapi jika Anda bisa, mintalah ke webdesigner, untuk membuang/tidak membuat URL yang buruk. Sebagai contoh, permalink di wordpress, merupakan salah satu trik yang bagus mengganti URL Dinamis menjadi lebih SEO-Frendly.

Nah itu saja sebagian dari begitu banyak untuk membuat website Situs anda terindex dan berada di rangking atas. Jadi, kembali kepada anda, bagaimana dan dengan siapa anda harus memulai bukan hanya membuat website yang bagus, tapi juga disukai oleh mesin pencari.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image