Tutorial PHP, MySQL, Javascript dan lainnya

SEO (Search Engine Optimization) – Optimisasi mesin pencari, adalah proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui search engine (mesin pencari) menuju situs web  dengan memanfaatkan algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas atau paling tidak berada dalam halaman pertama pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Tutorial SEO - Search Engine OptimizationMesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, apalagi mengenali website yang kita buat, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.

Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:

  • Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
  • Berada pada peringkat pertama atau halaman pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung

Perlukah SEO?

Jawabannya kembali pada kegunaan dan tujuan dari website itu dibuat. Apakah hanya sekedar memiliki website, tanpa perduli atau membutuhkan kunjungan dari orang lain, ataukah website yang kita buat ingin dikunjungi orang lain?

Mengapa SEO?

Jika kita hanya berkata atau menulis pesan kepada seorang teman, “bro, coba kunjungi website saya, www.bla-bla-bla.com“.. seberapa banyak harus kita sampaikan? Seperlu apakah teman kita mengunjungi website kita?

Waktu kita membangun sebuah website yang siap dipromosikan di Internet. Kita begitu bersemangat sampai-sampai sulit tidur, membayangkan banyaknya pengunjung yang datang ke website kita apalagi jika website yang kita buat adalah website promosi suatu produk.

Namun setelah berhari-hari melakukan promosi yang melelahkan. Keluar masuk iklan baris, mailing list, forum, tukar banner, dan apa saja yang pernah dilakukan kita. Apa yang terjadi kemudian?

Tidak ada/jarang yang mengunjungi! Hanya beberapa orang pengunjung yang masuk ke website kita, itupun dari teman-teman yang mungkin, dengan iklas mencoba melihat hasil karya kita.

Disinilah peran SEO bekerja. Kita hanya menentukan kata kunci apa yang paling bagus yang sesuai dengan website yang kita buat. Dan lakukan proses SEO. Hasilnya, bisa terlihat seperti gambar diatas. Seseorang yang sedang membutuhkan, akan menulis dalam search engine, dalam hal ini google, dan google akan menampilkan hasil yang dicari, dan, holaaaa website kitapun muncul.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image