Tutorial PHP, MySQL, Javascript dan lainnya

Tutorial SEO – Hasil dari kreasi, design dalam proses pembuatan website, tentunya tidak ingin dinikmati sendiri. Berbagai cara dilakukan untuk bisa menampilkan dan memperlihatkan kepada teman, saudara, atau dunia luar.

Nah, salah satu dari cara menampilkan secara online, adalah dengan meng-upload ke server hosting baik yang free seperti 000webhost.com atau disini maupun yang berbayar seperti disini.

Nah sebelum itu, kita harus memikirkan bagaimana orang lain bisa mengunjungi hasil karya kita jika tidak tau apa yang harus dituju. Untuk itu diperlukan penamaan atau dalam istilah internet nama domain. Pendaftaran nama domain ini ada yang berbayar seperti di penyedia registrasi nama domain maupun yang free (biasanya dengan ketentuan yang berlaku).

nama domainProses pemilihan nama domain sendiri, dibutuhkan ketelitian dan ketepatan dengan sasaran yang diinginkan, karena ini juga akan berhubungan dengan hasil searching di mesin pencari seperti google atau yahoo (seperti tulisan saya disini atau disini). Dengan domain yang tepat seperti kata kunci yang ditargetkan akan sangat memudahkan dalam ranking di search engine.

Nama Domain

Lalu, ada pertanyaan (dalam kasus nama domain yang berbayar):

  • Apa bedanya akhiran .com atau .net, .org, .info dll?
  • Kemudian dimana membeli domain yang baik?
  • Apa perbedaan domain menggunakan garis tengah (-) atau tidak?
  • .com adalah singkatan dari commercial, yang artinya adalah komersiil. Biasanya .com digunakan oleh perusahaan atau pribadi dengan tujuan bisnis atau komersiil.
  • .org = organisation. Kebanyakan dipergunakan oleh organisasi
  • .info = information. Digunakan oleh perusahaan berbasis informasi.
  • .net = network. Digunakan oleh perusahaan jaringan.
  • .edu = education. Kebanyakan dipergunakan oleh: lembaga pendidikan. Misalnya Universitas.

Walaupun dalam prakteknya, beberapa akhiran (.com, .org, .info, .net) digunakan oleh perorangan, perusahaan maupun organisasi karena siapa saja dapat membelinya.

Yang harus diperhatikan adalah, jika kita membeli nama domain, utamakanlah yang dengan akhiran .com. Mengapa?

Karena, hingga saat ini akhiran .com sudah seperti jargon umum, sama seperti halnya, (bukan bermaksud promosi) bila kita membeli sebotol air minum mineral, yang ada di ingatan kita langsung: AQUA, atau sepeda motor: HONDA, demikian juga dengan domain.

Jika anda memberitahukan nama domain anda yang berakhiran .net kepada teman anda, lalu mereka pulang dan membukanya dengan .com maka apa yang mereka akan temukan?

TEPAT, mereka akan menemukan website orang lain. Sekalipun anda sudah mengingatkan ke mereka, “Eh mas Bro, Ingat yah, jangan sampai lupa, dilarang lupa, nama domain saya adalah arfindmomedia dot net! sampai dirumah kemungkinan besar dia membuka-nya dengan akhiran .com.

Lagipula bila anda memiliki domain yang cukup bagus dan mudah diingat dimana berakhiran .info, atau dot lainnya, maka orang akan teringat siapa yah yang punya .com-nya? Atau website apa ya .com-nya? Secara tidak langsung artinya anda sedang mempromosikan nama domain yang berakhiran .com. Jadi sebisa mungkin, belilah domain berakhiran .com.

Bagaimana dengan – (dash)? Apakah diperlukan?

Jika anda tidak berhasil mendapatkan domain .com, anda bisa mempertimbangkan membeli domain dengan – (dash) ditengahnya sebagai pemisah. Sebagai contoh, anda ingin membeli www.arfindomedia.com eh ternyata nama domain tersebut sudah dibeli orang, lalu anda membeli: www.arfindo-media.com jelas?

Tehnik lain yang bisa dilakukan selain dengan menggunakan – (dash) adalah dengan menambahkan huruf s dibelakang domain yang anda beli. Misalkan anda mau beli: arfindomedia.com, eh ternyata sudah ada yang punya, lalu anda coba arfindo-media.com juga sudah ada yang punya anda bisa memilih www.arfindomedias.com karena search engine akan tetap mengenali nama jamak.

Namun sebisa mungkin belilah domain tanpa – (dash) atau (s). Sama seperti contoh penggunaan .info dibandingkan .com, maka domain yang menggunakan – (dash) akan cenderung dilupakan. Dan bila orang mengetikkan nama domain, 90% mereka akan ketikkan tanpa – (dash). Jadi, pilih nama domain berakhiran .com dan tanpa tanda – (dash).

Nama Domain SEO Friendly

Jika website anda ditujukan untuk hal yang spesifik, usahakan untuk mendapatkan atau mendaftarkan nama domain yang berhubungan dengan tujuan anda tersebut.

Sebagai contoh, misalnya anda akan membuat blog atau website mengenai bisnis online jualan computer, anda bisa mendaftarkan domain, tokocomputerbandung.com dan lain sebagainya selama masih bisa anda daftarkan (belum dimiliki orang lain).

Penamaaan nama domain ini, merupakan salah satu hal yang sangat disukai oleh search engine. Nama domain yang sesui dengan keyword utama pencarian, akan lebih mudah ditemukan.

Tapi, anda tidak harus membeli domain tepat sesuai dengan kata kunci yang anda targetkan, atau mempunyai satu atau dua kata kunci sesuai dengan kata kunci di bidang anda (karena mungkin sudah dimiliki orang lain). Tidak harus. Jika anda membeli nama domain hanya berisi satu saja kata kunci, atau dua, itu masih bisa dimaksimalkan dan bisa muncul di banyak kata kunci yang anda targetkan, asalkan anda tahu ILMUnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image