Tutorial PHP, MySQL, Javascript, SEO dan lainnya

Dunia IT di Indonesia semakin berkembang, khususnya Internet. Banyak sekali website berbasis CMS WordPress, Joomla, Drupal Dll. Nah, mungkin ada kala nya kita ingin Theme WordPress Buatan Sendiri sesuai bentuk dan keinginan kita, dengan bantuan software Artisteer.

ARTISTEER

Artisteer adalah sebuah software yang juga bisa membuat theme yang bisa digunakan untuk wordpress.

Pada halaman awal membuka artisteer, langsung dibuatkan theme dasar dengan bentuk seperti di gambar atas.

Background Theme WordPress

Untuk merubah background, pilih background pada menu diatas.

Banyak pilihan yang tersedia. Tinggal pilih yang kita mau. Atau bisa juga menambahkan dari file yang kita punya dengan memilih "insert texture from file…"

Background pun berubah sesuai dengan yang kita pilih.

LAYOUT Theme WordPress

Jika anda suka tampilan yang seperti diatas, tidak perlu lagi mengubah layout. Seandainya ingin diubah, klik LAYOUT. Pilih bentuk layout theme wordpress anda sesuai dengan keinginan anda.

Ada beberapa pilihan LAYOUT untuk Theme wordpress anda. Silahkan tentukan, klik saja layout yang diinginkan.

Karena saya lebih suka dua kolom, saya tidak menggunakan fasilitas layout ini.

HEADER

Nah sekarang kita membuat header untuk theme wordpress kita. Klik menu Header. Didalam menu itu terdapat banyak fasilitas untuk merubah header. Dari background berupa gambar, warna, bentuk header, teks, jenis dan ukuran font, dan sebagainya. Anda tinggal berkreasi sesuai dengan keinginan anda.

WIDGET

Anda tahu widget dalam wordpress, kan? Nah bentuk tampilan widget juga bisa kita customize sesuai keinginan. Baik dalam bentuknya, latar belakangnya, dan sebagainya.

FOOTER

Setiap theme wordpress memiliki footer (halaman kaki/paling bawah) yang menampilkan siapa pembuat theme, link, dan lain sebagainya. Kita juga bisa merubah dengan keinginan kita misalnya, link untuk domain kita, nama atau lainnya.

Klik menu footer. Kemudian klik tombol link. Silahkan edit tulisan yang muncul.

Klik tombol Ok. Sekarang link di bawah sudah berubah sesuai dengan yang kita edit.

Bagaimana dengan "power by dan created with"? Apakah bisa diganti atau di buang? Bisa kok. Tapi itu nanti bagian terakhir setelah anda yakin bahwa theme yang di buat sudah sesuai dengan keinginan anda.

Sudah selesai membuat theme wordpress nya? Simpan, dan kemudian export. Pilih wordpress. Beri nama theme sesuai nama anda atau lainnya.

Kemudian klik options. Klik Description. Silahkan edit dengan keinginan anda.

Kemudian pilih footnote, buang centang pada kotakan yang ke dua. Setelah anda menekan tombol OK, hasilnya akan kelihatan di bawah.

Kemudian pilih ZIP, dan klik export. Anda akan mendapatkan file zip untuk bisa langsung anda upload di pengaturan theme di wordpress anda.

Nah mudah kan bikin Theme WordPress buatan Sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Anti-spam image